Apa Bedanya Konveksi dan Garment?

Konveksi dan garment merupakan usaha yang bergerak di bidang pembuatan barang jadi Tekstil. Barang Jadi Tekstil adalah olahan dari tekstil (berupa kain) dibuat atau dibentuk berdasarkan keperluan, misalnya: pakaian, perlengkapan rumah tangga, asesories, dan masih banyak lagi, tetapi terdapat beberapa perbedaan dari kedua bidang tersebut.

Mulai dari pekerja, qualitas, kuantitas, berikut beberapa hal perbedaan konveksi dan garment:

  1.    Konveksi

Bidang Usaha konveksi merupakan bidang usaha yang dikelola oleh perorangan, Jumlah pegawai yang bekerja di konveksi lebih sedikit dan mesin yang di gunakan masih sangat terbatas, dalam pengerjaan suatu produk masih dalam skala kecil dibawah 500 potong tapi sekarang tidak sedikit juga konveksi yang sudah mencapai ribuan potong dalam sekali order, untuk pengerjaan satu potong (misal : 1 potong kemeja) hanya dilakukan oleh satu orang pegawai dari awal pengerjaan sampai menjadi kemeja. Qualitas dari produk yang di hasilkan tidak terlalu mementingkan standar dari SNI ( Standar Nasional Indonesia) atau standarisasi lainnya. nanti kita bahas standar-standar yang ada dan biasa digunakan. dengan kata lain yang penting jadi produk sesuai dengan pesanan yang memesan.

  1.  Garment

Garment biasanya berupa pabrik atau perusahaan, dengan system administrasi dan pengelolaan yang lebih baik. System pengelolaan yang lebih baik memberi kemudahan kepada perusahaan untuk memasarkan produknya atau proses produksinya. Produksi garment dalam skala besar sehingga dalam proses pengerjaan menggunakan pekerja (karyawan) lebih banyak. System kerja menggunakan assembling atau pembagian.,menjadikan proses lebih cepat dan lebih menghemat waktu untuk mengerjakan satu produk ( misal : 1 regu mengerjakan bagian yang sama dan di berikan kebagian yang lain untuk mengerjakan proses selanjutnya).

Qualitas yang dihasilkan dari Garment ini lebih terjaga, dengan memberikan standar pada produk yang dikerjakan baik  jahitan, mutu dari bahan ( kain, benang). Demi menjaga produk yang baik biasanya dilakukan beberapa pengujian atau evaluasi sesuai dengan standar yang di berikan oleh pemesan atau dari pihak perusahaan yang menentukan standar yang digunakan. Produk yang di hasilkan oleh Garment biasanya brand – brand terkenal.

Perkembangan industri Konveksi saat ini memberi kemudahan kepada pemilik perusahaan garment, dengan menggunakan jasa konveksi, para pengusaha garment ini memberikan pekerjaan atau order mereka sebagian ke konveksi dengan memberikan pengarahan terlebih dahulu agar produk yang dihasilkan lebih terjaga kualitasnya.

 

sumber : http://densublog.blogspot.co.id/2015/02/perbedaan-konveksi-dengan-garment.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s