Bagian – Bagian Pada Mesin Jahit Portable

Mesin jahit merupakan mesin untuk membuat suatu pakaian. Dalam satu kesatuan mesin jahit, terdapat bagian- bagian mesin jahit yang semuanya itu saling berkaitan dan berfungsi sesuai dengan peruntukkannya. Jadi apabila salah satu bagian lepas atau tidak dipasang maka otomatis mesin jahit tidak berfungsi juga. Bagian- bagian mesin jahit saling melengkapi dan saling terkait. Yuk pelajari lebih lanjut!

Spool Pin (Tiang Dudukan Benang)

Bagian ini merupakan tempat untuk menaruh gulungan benang yang digunakan selama proses berlangsungnya kegiatan jahit menjahit.

Spool Thread (Benang)

Bagian ini proses pertama dalam kegiatan jahit menjahit, yaitu menarik benang untuk dimasukan ke tuas benang atas.

Thread Take-Up (Tuas Benang Atas)

Ini adalah bagian dimana benang dimasukan ke lubang tuas ini sebelum menuju ke lubang berikutnya

Thread Guide (Panduan Pemasuk Benang)

Dalam rangka menjalankan proses jahit, bagian ini tidak boleh terlewatkan karena bagian ini sangat penting. Jika ada kesalahan sedikit di bagian ini dapat menyebabkan jahitan tidak rapi. Biasa pemula dalam menjahit binggung di area ini.

Needle (Jarum)

Yahh, ini semua pasti sudah tahu ya. Ini merupakan jarum untuk menjahit, kalau tidak ada jarum ya tidak ada jahitan, itu pastinya hehehe. Jadi di bagian ini saya akan menjelaskan ukuran jarum dan tipe jarum yang bisa digunakan.

Ukuran Jarum :

#9 untuk bahan jersey

#11-13 untuk bahan kaos

#14-16 untuk bahan katun

#18 untuk bahan jeans/denim

#21 untuk bahan jeans & kulit

Untuk setiap mesin jahit itu memiliki jenis jarum yang berbeda-beda. Mesin Portable hanya bisa menggunakan jenis jarum HA sedangkan mesin industri hanya bisa menggunakan jenis jarum DB. Kalau dipaksakan jarum tidak akan bisa terpasang di mesin kalau sampai salah jarum.

Jenis Jarum :

HA untuk jenis mesin portable baik mesin jahit portable, mesin obras portable, mesin bordir portable, mesin jahit manual yang warna hitam itu.

DB untuk mesin industri baik mesin jahit,obras,bordir industri

Untuk ukuran dan jenis jarum sangat berpengaruh dalam hasil jahitan.

Sticth Selection Panel (Pemilih Pola Jahitan)

Bagian ini hanya ada di mesin jahit portable, bagian ini merupakan untuk memilih pola jahitan seperti jahit zig zag, jahit semi obras, jahit lurus, pasang kancing, lubang kancing, dll. Mesin Jahit Portable biasa di sebut mesin multifungsi.

Presser Foot Lifter (Pengangkat Sepatu)

Sebelum menjahit, sepatu harus diangkat. Cara mengankatnya ya dengan tuas pengangkat sepatu ini gunanya untuk memasukan bahan atau pada saat mau ganti jarum.

Presser Foot (Sepatu)

Bagian ini merupakan untuk menahan bahan. Jika kamu mau melakukan jahitan yang berbeda seperti jahit lubang kancing ya kamu harus ganti sepatu dulu. Sepatu untuk mesin jahit portable ada banyak ragam.

Contohnya : sepatu resleting, sepatu pasang kacing, sepatu lubang kancing, sepatu semi obras, sepatu bordir, sepatu quilting.

Feed Dogs (Gigi Mesin Jahit)

Gigi mesin jahit terletak tepat di bagian bawah sepatu mesin jahit. Fungsi utama dari bagian ini adalah sebagai penggerak atau pendorong kain disaat menjahit.

Bobbing Compartment (Rumah Sekoci)

Bagian ini ada sarang sekoci yang dimana digunakan untuk menaruh sekoci agar benang dapat tertarik ke atas. Jika benang nyangkut, cara benerinnya ya dibongkar saranganya untuk diambil benangnya.

Bobbin Case (Sekoci)

Komponen berukuran kecil pada mesin jahit yang berbentuk menyerupai perahu ini berfungsi sebagai tempat meletakkan kumparan benang yang berada di bawah jarum.  Setelah spul dimasukkan ke dalam skoci, selanjutnya alat ini dipasang pada rumah sekoci.

Bobbin (Spul)

Spul merupakan bagian mesin jahit yang berfungsi sebagai pengisi benang bawah.

Bobbing Winder (Penggulung Bobbin)

Roda spul pada mesin jahit berguna untuk mengisi spul dengan benang jahit, ketika spul hendak digunakan.

Balance Wheel (Roda Imbang)

Roda imbang yang terletak pada bagian sebelah kanan mesin jahit memiliki peran yang sangat penting yaitu berguna untuk memulai dan memberhentikan mesin jahit.

Stich Width Regulator (Pengatur Lebar Jahitan)

Ini merupakan bagian untuk mengatur lebar jahitan jika kamu mau jahitannya lebar atau semakin kecil.

Stich Lenght Regulator (Pengatur Panjang Jahitan)

Bagian ini berfungsi sama dengan pengatur lebar jahitan bedanya yang diatur adalah jarak antar jahitannya.

Reverse Lever (Kunci Jahitan)

Bagian ini merupakan tuas mundur jahitan yang dimana jahitan akan berjalan mundur. Gunanya untuk kunci jahitan agar jahitan yang sudah selesai, benangnya kuat.

Foot Pedal (Pedal Kaki)

Pedal mesin jahit merupakan bagian yang berguna untuk menjalankan mesin jahit. Cara kerja dari alat ini adalah dengan cara di injak mengunakan kaki.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s