Bagian – Bagian Mesin Obras & Mesin Neci

Mesin obras atau overlock mesin merupakan mesin yang digunakan untuk membuat jahitan pada tepian busana agar kain. Mesin obras ini dilengkapi dengan pisau pemotong kain, sehingga dapat menghasilkan jahitan yang terlihat rapi pada bagian tepinya. Mesin obras dapat dijadikan sebagai mesin neci dengan di seting saja atau anda dapat meminta teknisi untuk menyeting mesin obras anda. Fungsi utama dari mesin obras adalah untuk merapikan tiras, tetapi tidak sedikit pula dengan pemakaian benang yang berwarna-warni hasil obrasan dapat dipakai pula sebagai hiasan. Dalam industri garmen dikenal beberapa jenis mesin obras diantaranya mesin obras benang 3, mesin obras benang 4, mesin obras benang 5, dan mesin obras benang 6.

 Bagian – Bagian Mesin Obras :

1. Badan mesin. Badan mesin merupakan tempat melekatnya komponen-komponen mesin obras. Komponen-komponen yang dimaksud antara lain Benang, jarum, pisau pemotong dan lain-lain.

2. Jarum dan tiang jarum. Mesin obras biasanya memakai tiga jarum sekaligus. Jarum mesin obras dipasang pada tiang jarum. Cara memasangnya antara lain dengan melonggarkan sekrup pada tiang jarum, lalu masukkan jarum hingga keatas dengan bantuan tang atau penjepit. Ingat, Bagian yang cembung harus berada dibelakang. Setelah jarum terpasang dengan baik, pasang kembali sekrupnya lalu kencangkan.

3. Tension. Tension merupakan pengatur tegangan benang digunakan untuk mengencangkan dan melonggarkan tegangan benang. Putar tension kearah kiri untuk melonggarkan benang, atau putar ke arah kanan untuk mengencangkan benang.

4. Looper. Looper adalah lubang-lubang tempat benang dikaitkan. Umumnya terdapat dua jenis looper, yakni over looper atau pembentuk loop atas dan under looper atau pembentuk loop bawah.

5. Tiang benang. Tiang benang berfungsi untuk meletakkan gulungan benang obras. Setiap mesin obras memiliki jumlah tiang benang yang berbeda-beda. Misalnya mesin obras benang tiga memiliki tiang yang berjumlah tiga. Tiang pertama terletak dibagian bawah depan mesin. Tiang kedua terletak di bagian atas. Sementara tiang ke tiga berada dibagian kiri samping.

6. Pisau mesin obras. Umumnya pisau mesin obras terletak dibagian bawah, di sebelah jarum mesin. Pisau obras berfungsi untuk memotong tepian kain obras, sehingga pakaian tidak berjumbai.

7. Pedal. Mesin obras juga memiliki pedal sama halnya mesin jahit yang berada di bawah meja. Pedal mesin obras berfungsi untuk menggerakkan mesin. Anda cukup menginjakkan kaki pada pedal ini untuk membuat mesin bekerja. Namun perlu diperhatikan, mesin obras bergerak sangat cepat. Oleh karena itu, pijaklah pedal dengan lembut dan hati-hati agar hasil obrasan lebih bagus dan rapi.

 

 

 

Sumber : https://www.mesinjahitonline.com/single-post/2017/06/24/Bagian-Bagian-Mesin-Obras

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s